Hubung kami :
082115181105 rido
Active BB Pin: 7Fb23886
082115181105 WA
idorido Line Peta Konveksi
Jl.ahmad yani Gg mesjid II, Bandung- Jawa barat - INDONESIA

Monday, January 7, 2013

Tetap Indonesia, Nyaman dan Modern dengan Busana Muslim Tradisional [Bagian 1]


Tetap Indonesia, Nyaman dan Modern dengan Busana Muslim Tradisional - Kain Indonesia menjadi sumber inspirasi yang tak habis digali. Ia memberi identitas dan kekuatan. Di tengah dunia yang bergerak cepat, kain warisan budaya ini hadir dalam desain yang praktis dan nyaman.

Didiet Maulana, Dian Pelangi, Nita Azhar, dan Lenny Agustin adalah sebagian perancang mode yang berupaya agar kain Indonesia jadi tuan rumah di negeri sendiri. Pada saat yang sama, konsumen mode di negeri ini tak lepas dari paparan tren mode dunia.

Karena itu, para perancang ini tidak sekadar mengajak konsumen membaca makna pada selembar kain Indonesia. Mereka pun dituntut menjelmakan kain itu menjadi busana yang nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.


Inspirasi dari warisan budaya Indonesia, misalnya, didapat Didiet Maulana bukan hanya dari corak khas kain masing-masing daerah, melainkan juga siluet busana khas daerah. Dari beragam jenis kain Indonesia, Didiet memfokuskan diri pada tenun.

Karakter tenun yang berbeda antara satu daerah dan daerah lain juga memengaruhi garis desain perancang yang mengusung label Ikat Indonesia ini. Dari Jepara dan Bali, Didiet menemukan tenun bermaterial katun yang sangat sesuai untuk pakaian sehari-hari. Desainnya bisa lebih tailored (disesuaikan dengan bentuk tubuh) karena bahannya lebih tahan tegangan.

Dengan tenun sutra dari Sulawesi Selatan, Didiet membuat potongan baju lebih longgar karena bahan yang lebih rentan tegangan. Didiet juga merasa tak perlu selalu mengacu pada tren mode dunia. Di matanya, Indonesia begitu kaya dengan struktur teknik potong dan beragam siluet. Didiet memilih untuk mengadopsi siluet busana tradisional, misalnya baju bodo Sulawesi untuk koleksi Mentari 2013. Ketika dunia marak dan heboh dengan siluet longgar, bangsa ini sudah ratusan tahun mengenalnya, contohnya baju bodo. Ditambah padu padan bahan dan aksen, inspirasi dari baju khas daerah ini menjelma jadi baju berpotongan modern, nyaman dipakai, tanpa kehilangan identitas budaya.

Selanjutnya

0 comments:

Post a Comment

silahkan tuliskan komentar anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan